Senin, 11 November 2013

Belajar SQL itu menyenangkan




Logo Stikom Surabaya



Logo D3 Manajemen Informatika 

      Pada Artikel kali ini saya akan mencoba sharing sedikit yang saya ketahui tentang cara melakukan instalasi database oracle 11g.
               
      Bagi anda yang belum memiliki software oracle db 11g, anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu pada link berikut ini. Santai aja, gratis kok !. Biasanya sebelum proses download anda hanya diminta untuk registrasi terlebih dahulu di situs oraclenya.

     Tahap pertama sebelum memulai melakukan instalasi, ada baiknya anda mempertimbangkan terlebih dahulu spesifikasi kebutuhan spesifikasi minimum oracle agar nantinya proses instalasi dapat berjalan dengan lancar.

Buka installer oracle db 11g anda. hingga muncul dialog seperti berikut ini

1. Jika anda sudah selesai mengisi alamat email, tekan saja next.

2. Nah, disana anda diminta untuk memilih pilihan instalasi seperti apa yang diinginkan. Pada opsi tersebut saya memilih pilihan yang paling atas. Maksudnya adalah, saya ingin membuat sebuah database dan meminta Oracle mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk saya. Jika selesai tekan saja next.

3. Disini anda diminta untuk memilih jenis system class seperti apa yang ingin anda lakukan. Dalam kasus ini, saya mencoba meng-install oracle ke laptop saya. Oleh karena itu saya memilih opsi yang pertama yaitu Desktop class.

4. Pada laman selanjutnya anda diminta untuk mengisi form secara lengkap seperti pada gambar tersebut diatas. Khusus untuk isian password, biasanya anda diminta untuk mengisikan password minimal 6-8 digit dengan kombinasi huruf dan angka.

5. Laman ini menampilkan progress saat oracle memeriksa kebutuhan hardware minimum yang harus dimiliki oracle dan membandingkannya dengan hardware pc atau laptop yang anda miliki. Hasil pengecekan ini akan ditampilkan pada laman selanjutnya. JIka semuanya tidak ada kendala alias succeed cukup tekan next saja. Sebaliknya, jika masih ada kendala (Misal memory < kebutuhan minimum) sebenarnya anda bisa meng-ignore hal tersebut dengan me-ceklis ignore All. Namun, saya tidak menyarankan hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan :D.
Setelah itu anda menekan tombol finish, maka progress instalasi akan segera dilakukan. 

6. Selamat anda sudah berhasil meng-install database oracle 11g R2 sendiri.
Catatan : Semua intruksi diatas merupakan pengalaman penulis sendiri, tested & works !. Jika anda yang mengalami masalah saat instalasi, silahkan isi pada kolom komentar. Saya akan berusaha membantu semampu saya.


Nah, dari langkah-langkah instalasi oracle tersebut cukup mudah dan menyenangkan bukan?

Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar




Our Services


Branding
Perfect thumbnails matter

Meganto quality templates can make your website load faster Peut rendre la charge de votre.

Starting at $400 Get in touch
Design
Enhance your website

Meganto quality templates can make your website load faster Peut rendre la charge de votre.

Starting at $60 / hour Get in touch
Installation
We'll manage the rest

Meganto quality templates can make your website load faster Peut rendre la charge de votre.

Starting at $50 / hour Get in touch
Installation
We'll manage the rest

Meganto quality templates can make your website load faster Peut rendre la charge de votre.

Starting at $50 / hour Get in touch

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Kerja Sama